Apa itu Fast Charging, Fungsi & Jenisnya

Belakangan ini tiap tiap HP keluaran terbaru biasanya menyematkan arti Fast Charging sebagai fitur andalan mereka, nah kali ini kita akan mengulas lebih di di dalam apa itu Fast Charging atau yang akan kita kenal dengan pengisian cepat Adaptif.

Apa itu Fast Charging, Fungsi & Jenisnya

Dengan kehadiran teknologi yang tambah canggih ini, amat bisa saja pengguna perlu kala yang lebih singkat untuk isikan kemampuan di baterai HP supaya mampu dengan cepat gunakan perangkat membuat aktivitas.

Fast Charging Adalah…

Fast Charging adalah teknologi yang terdapat pada perangkat dan charger untuk mengatur pengisian baterai lebih cepat. Teknologi ini diterapkan pada sebuah perangkat seperti HP/Smartphone, Tablet, Laptop, Powerbank, dll.

Untuk mobilisasi fitur pengecasan cepat, perangkat dan termasuk charger perlu saling mendukung. Tak heran, ada alat pengisian yang cuma sesuai dengan brand mereka sendiri, seperti OPPO atau Realme.

Proses Fast Charging

Baterai yang digunakan oleh ponsel Android adalah model baterai Lithium-ion (Li-ion), secara mendasar pengisian kemampuan baterai Lithium-ion (Li-ion) adalah membagi proses jadi lebih dari satu satu} cara termasuk di antaranya fase arus konstan dan tegangan konstan.

Teknologi pengecasan cepat amat bisa saja untuk mentransfer watt lebih tinggi ke baterai supaya baterai terisi lebih cepat.

Watt = Volt x Ampere

Teknologi fast charging secara tertentu gunakan fase awal pengisian kemampuan dan berupaya menyentuh titik puncaknya pengisian baterai dengan kuat arus maksimal secara konstan.

Diagram di bawah ini memperlihatkan bagaimana tegangan berubah sepanjang pengisian dan bagaimana hal itu merubah jumlah arus yang mampu dialirkan ke baterai.

Teknologi pengisian cepat paling efektif kala baterai Anda terisi kurang dari 50% tetapi miliki efek yang menyusut pada kala pengisian kemampuan sehabis baterai melalui 80%.

Meskipun demikian, tiap tiap perusahaan teknologi miliki standar masing-masing yang biasanya cuma berlaku secara unik dengan kata lain tertentu untuk produknya dan tidak mampu digunakan untuk perangkat dari perusahaan lain.

Jenis Teknologi Fast Charging

Sebagai tambahan informasi, pengguna kala ini ini mampu saja akan menemukan lebih dari satu satu} model teknologi pengecasan cepat selanjutnya ini kala akan belanja handphone baru:

1. Xiaomi Hyper Charger

Ini adalah model paling cepat yang dulu ada sampai kala kala ini ini, teknologi pengisian cepat terbaru dari Xiaomi ini diklaim mampu isikan kemampuan dari 0 sampai 100% cuma di di dalam kala 8 menit saja. Teknologi pengecasan Xiaomi ini menopang pengisian cepat dengan kemampuan 200 Watt.

2. USB Power Delivery

USB Power Delivery atau mampu termasuk disingkat USB-PD merupakan sebuah standar yang diperkenalkan oleh USB-IF dan banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan teknologi seperti Apple, Google, MediaTek, dan Motorola .

3. Qualcomm Quick Charge

Sebagai pengembang chip, Qualcomm pun menciptakan standar tertentu pengisian yang disematkan ke di di dalam SoC buatannya dengan mengusung nama Qualcomm Quick Charge.

Meskipun demikian, perusahaan-perusahaan teknologi di di dalam hal ini tidak perlu mengaktifkannya dan mampu gunakan standar sendiri kala membenamkan chip-chip buatan Qualcomm.

4. VOOC, DashCharge, dan WarpCharge

Berbeda dari sejumlah teknologi di atas, VOOC, DashCharge, dan WarpCharge merupakan standar pengisian cepat untuk perangkat buatan OPPO dan OnePlus yang mengedepankan pada peningkatan kuat arus.

5. Huawei SuperCharge

Huawei pun tak ketinggalan. Hadir secara eksklusif di perangkat premiumnya, teknologi bernama SuperCharge buatannya miliki penentuan mode dengan menambah tegangan atau kuat arus.

Tulisan ini dipublikasikan di Trik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *